Tentang YPKAI

A.     LATAR BELAKANG Berawal tahun 2006 dari sekumpulan relawan yang mau membantu anak-anak yang terkena kanker dari segi Kliniko Psikososial. Untuk memudahkan kegiatan tersebut maka digunakanlah nama Community for Children with Cancer (C3) Berdasarkan aturan pemerintah sebuah yayasan atau organisasi masyarakat tidak di perkenankan utk menggunakan nama asing, maka pada tanggal 26 April 2007 Community for Children with Cancer resmi menjadi YPKAI (Yayasan Pita Kuning Anak Indonesia). B.      VISI dan MISI
  • VISI
Memaksimalkan kualitas hidup anak yang terkena kanker beserta keluarganya untuk memperoleh dukungan psikososial yang berkesinambungan dengan proses pengobatan kanker anak melalui Program Kliniko-Psiko-Sosial.
  • MISI
  1. Melakukan pembimbingan Psikososial terhadap  anak kanker beserta keluarganya selama menjalani proses pengobatan
  2. Melakukan pendampingan terhadap anak kanker  agar tercipta perasaan nyaman dalam menjalani proses pengobatan
  3. Memberikan kegiatan pendidikan terhadap anak kanker untuk mendukung proses tumbuh kembang dan potensi diri yang di milikinya.
  4. Memfasilitasi partisipasi masyarakat melalui kegiatan penunjang yang bersifat rekreatif dan edukatif  bagi anak kanker beserta keluarganya.
  5. Memberikan bantuan biaya pengobatan terhadap pasien kanker anak yang kurang mampu
  6. Melakukan sosialisasi kanker pada anak kepada  masyarakat umum.
C.      TUJUAN Melalui berbagai aktivitas YPKAI berusaha memfasilitasi pemenuhan kebutuhan psikologis dan sosial anak - anak kanker beserta keluarganya yang saling melengkapi dengan proses pengobatan , sehingga anak – anak kanker dapat meningkatkan kualitas hidupnya dengan baik. ypkai D.     DESKRIPSI PROGRAM KERJA Pendekatan Program Kliniko – Psiko – Sosial terdiri dari pendekatan Klinis, Psikologis dan Sosial:
  • Psikologi
Dari segi psikologis dilakukan beberapa pendekatan yang meliputi aktivitas – aktivitas sebagai berikut : 1. Pembimbingan (Tutup) Meliputi kegiatan bimbingan penanganan pasikologis bagi orangtua yang anaknya baru didiagnosis kanker dan yang anaknya meninggal dunia. Kegiatan ini juga memfasilitasi masalah - masalah yang timbul di dalam keluarga dari anak yang terkena kanker. Bagi orangtua yang anaknya meninggal dunia, bimbingan dilakukan hingga orangtua sudah dapat melewati dan mengatasi kesedihannya. 2. Pendampingan (Tutup) Meliputi kegiatan berupa sosialisasi tentang prosedur tindakan yang akan dilakukan agar anak – anak kanker mendapat gambaran informasi dan tidak merasa takut atau trauma untuk menghadapinya sehingga diperlukan suatu pendampingan secara psikologis bagi anak kanker, seperti Aspirasi sumsum tulang, Intratekal, pasang infus, ganti perban dan ambil darah. 3. Pendidikan Meliputi kegiatan proses belajar mengajar terhadap anak kanker guna mendukung proses tumbuh kembangnya dan memfasilitasi dalam pengembangan potensi diri anak tersebut. 4. Penunjang (Tutup) Meliputi kegiatan bagi anak dan orangtua yang sifatnya rekreatif dan edukatif.
  • Sosial
Dari segi sosial Pendekatan Eksternal yang meliputi kegiatan sebagai berikut : 1. Penggalangan Dana Melalui kegiatan ini dapat dilakukan untuk membantu biaya pengobatan anak kanker yang kurang mampu. 2. Penyuluhan Kanker pada Anak (Tutup) Melalui kegiatan ini dilakukan agar masyarakat bisa mendapatkan informasi yang baik dan benar tentang kanker pada anak, sehingga hal ini dapat diupayakan untuk diketahui sejak awal daripada diketahui sejak akhir. 3. Mobil Ambulance (Tutup) Suatu pelayanan mobil ambulance secara gratis dilakukan, guna mendukung dan membantu setiap proses yang dilakukan oleh pasien kanker anak meliputi : Magnetic Resonance Imaging ( MRI ), CT Scan dan membawa jenazah. 4. Donor Darah (Tutup) Meliputi kegiatan mencarikan pendonor darah bagi yang memerlukan transfusi apabila persediaan darah di Palang Merah Indonesia ( PMI ) sedang tidak ada. SEKRETARIAT RUMAH PITA KUNING Jl.Cendrawasih 1, No. 20 A, RT. 001/RW. 003, Gandaria Selatan, Cilandak, Jakarta Selatan (12420) Phone: +6281280723992 Website: www.ypkai.or.id Email : contact@ypkai.or.id Facebook: Yayasan Pita Kuning Anak Indonesia Twitter : @pitakuning

2 thoughts on “Tentang YPKAI

Leave a Reply