Hety A. Nurcahyarini, Key Volunteer Pita Kuning

Hai, nama saya Hety A. Nurcahyarini, biasa disapa Hety. Saat ini saya bekerja di Filantropi Indonesia, sebuah asosiasi filantropi se-Indonesia sebagai Program and Communication Officer. Selain itu saat ini saya juga sedang membantu TemanTakita.com sebagai Community Relations dan juga beberapa komunitas/organisasi lainnya, seperti Pita Kuning.

Sejak kuliah, saya senang sekali ikut dan aktif sebagai volunteer dalam berbagai kegiatan dan komunitas anak muda yang fokus terhadap pendidikan. Sejak kuliah saya lebih senang kegiatan atau aktivitas yang ada di luar ruangan, ikut komunitas dan menjadi relawan. Beberapa organisasi dan aktivitas relawan yang pernah saya ikut beberapa di antaranya adalah Coin a Change Yogyakarta, Sabang Merauke, Indonesia Berkibar, Hadiah Sahabat, Hari Komunitas, Pisgen Yogja dan Indonesia Mengajar sebagai pengajar muda pada 2011-2012 lalu. Di saat senggang, saya senang jalan-jalan dan menulis di blog pribadi saya, mynameishety.wordpress.com.

Ketertarikan dan minat saya terhadap dunia pendidikan berubah menjadi sebuah kecintaan sejak menjadi Pengajar Muda di Indonesia Mengajar 2011-2012. Ketika itu saya selama 1 tahun, mengajar di Pulau Bawean, Kab. Gresik. Pagi mengajar SD, sore mengajar MTs, menyenangkan sekali!

Setelah dari Jurusan Ilmu Hubungan Internasional Fisipol Universitas Gadjah Mada pada tahun 2006 dan hingga kini berdomisili di Jakarta, kecintaan saya terhadap dunia volunteering dan juga pendidikan tidak pernah hilang. Bagi saya, menjadi relawan selalu membuka pandangan mengenai hal baru yang belum pernah saya ketahui. Menjadi relawan itu seperti belajar di sekolah, tapi tidak melulu tentang bangku dan buku. Saat kita berbagi waktu, pikiran, tenaga untuk kegiatan relawan, semuanya akan kembali kepada kita dalam bentuk lain. Bukan berarti materi, melainkan sesuatu yg lebih personal, dan membuat kita lebih bijak menjalani kehidupan tentunya. Berbagi itu gratis, tidak perlu menunggu kaya. Tinggal bagaimana kita dapat menyediakan 'ruangan' dalam hidup kita untuk diisi dengan kebahagiaan orang lain.

Ini adalah kali pertama saya terlibat di kegiatan kerelawanan yang bersifat kemanusiaan (menolong anak-anak dengan sakit kanker) di Pita Kuning. Namun, bagi saya ini adalah kesempatan untuk dapat belajar lebih banyak. Terlebih soal volunteering, ini bukan pelajaran di buku, tapi harus praktik. Saya senang bisa bertukar ide tentang volunteering dengan teman-teman lain, seperti Kak Fikri, Kak Yudha dan Kak Yosea. Selain itu, dapat kesempatan belajar menyusun kurikulum untuk anak dengan sakit kanker, menjadi salahn satu alasan ketertarikan saya bergabung dalam membantu Pita Kuning baru.

Saya berharap, semoga apa yang dilakukan Pita Kuning baru bisa menginspirasi teman-teman di luar sana untuk peduli dan mau terlibat membantu adik-adik kita yang memiliki kanker. Keterlibatannya yang tidak dibatasi dan kesiapan untuk mengakomodasinya, minimal informasi, membuat saya yakin Pita Kuning ke depan akan lebih baik lagi. Semoga Pita Kuning panjang umur dengan formasi baru dan semangat barunya!


Leave a Reply