Yudha Adyaksa, Key Volunteer Pita Kuning

Hai, nama saya Yudha Adyaksa, atau biasa dikenal dengan Yudha. Sejak SD saya sangat tertarik dengan dunia kepramukaan, bahkan hingga kini, hal itu terus mengalir dalam diri saya. Saat ini saya dipercaya untuk menjabat posisi Ketua Dewan Kerja Nasional Gerakan Pramuka Indonesia untuk yang kedua kalinya.

Selain aktif di Dewan Kerja Nasional Gerakan Pramuka Indonesia, saya juga aktif di beberapa kegiatan sosial kepemudaan seperti Indonesia Berkibar dan Messenger of Peace. Di luar berbagai organisasi tersebut, saya juga aktif dalam kegiatan sosial di kantor saya, Hepi.Inc, yang juga memiliki kepedulian tinggi terhadap isu sosial.

Berbicara soal kegiatan volunteering atau kegiatan sosial kepemudaan, banyak hal menarik yang bisa saya dapatkan.  Menariknya dari kegiatan volunteering adalah karena kita dapat melihat lebih dekat sebuah permasalahan sosial. Selain itu bagi saya mengikuti kegiatan volunteering atau kegiatan sosial lainnya dapat membantu mewujudkan salah satu mimpi saya dan juga mimpi banyak orang, yaitu menjadi orang yang bermanfaat bagi orang sekitar.

Hal menarik atau manfaat lainnya yang saya rasakan dari mengikuti kegiatan kepramukaan, volunteering dan kegiatan sosial adalah dapat turut serta aktif dalam berbagai forum dunia. Volunteering mengantarkan saya hingga menjadi delegasi Indonesia untuk wilayah Asia Pasifik dlm Youth Scout Forum Bangladesh (2013), delegasi dalam World Scout Youth Forum (2014) di Slovenia, bahkan memperoleh kesempatan bekerja di Putera Sampoerna Foundation sebagai Social media specialist di digital and social media department.

Volunteer adalah bukti nyata kita turun tangan akan suatu permasalahan. Sedih jika anak muda hanya bisa bicara saja. Karena menurut saya berbagi tidak mengurangi ilmu, justru memperbanyak ilmu serta memperbanyak jaringan.

Salah satu prinsip hidup saya saat ini adalah dapat menjadi bermanfaat bagi orang lain. Terlebih dengan giat sosial dan mendukung kegiatan yang diusung oleh Pita Kuning baru dalam membantu anak pasien kanker dari keluarga yang membutuhkan. Karena saya melihat Pita Kuning adalah sebuah inisiasi yang sangat mulia, maka saya ingin turut berkontribusi dalam menata dan menyusun formulasi dari sisi volunteering yang lebih rapi, agar kegiatan volunteering tersebut berjalan optimal dan maksimal.

Saya sangat memahami tidak semua orang punya rasa sosial yang tinggi dan rela aktivitasnya terganggu. Tapi hal itu adalah tantangan dan keseruannya dalam mengelola relawan sosial. Perlu hal yang jelas dalam mengatur kerja dari dalam hal relawan di Pita Kuning agar dapat optimal. Harapan ke depan, semoga Pita Kuning baru dapat menemukan formulasi yang tepat dalam mengelola volunteer. Selain itu diharapkan Pita Kuning dapat menciptakan hal-hal visual mulai dari sederhana yang dapat membantu menggambarkan Pita Kuning baru serta menyampaikan pesan-pesan tentang tujuan yayasan. Sehingga, akan banyak unsur yang mendukung Pita Kuning baru dengan misi mulianya.


Leave a Reply