Ita D. Azly, Taskforce Psikoklinis Anak Pita Kuning

Halo, nama saya Ita D. Azly, atau orang lebih sering mengenal saya dengan panggilan “Mba Ita”. Saya adalah seorang konsultan psikologi & pemerhati work & family life. Selain menjalankan praktek pribadi, saat ini saya juga menjadi mitra psikolog di SAUH Psychological Services. Dalam prakteknya, saya sering kali memberikan pendampingan bagi individu (khususnya remaja & dewasa) serta keluarga melalui konseling & psikoterapi. Selain itu sebagai konsultan psikologi saya juga kerap kali memberikan professional assistance bagi komunitas, organisasi dan perusahaan.

Terjun ke dalam dunia psikologi bagaikan panggilan jiwa bagi diri saya. Bahkan, sejak SMA saya sudah bercita-cita menjadi psikolog. Bagi saya, hal ini lebih dari sekedar passion. Saya mengawali karir dengan terlebih dahulu menempuh pendidikan S1 & S2 di Fakultas Psikologi Universitas Indonesia dan kemudian mengawali praktek sejak tahun 1995.

Sejak awal karir saya hingga sekarang sebagai psikolog, banyak pengalaman menarik yang saya bisa dapatkan tentang manusia dan segala keunikannya. Hampir setiap hari saya harus berhadapan dengan berbagai kasus, mulai dari individu (remaja dan dewasa) hingga keluarga. Bagi saya bertemu dengan orang-orang tersebut merupakan salah satu hal menarik dan menyenangkan dari menjadi seorang psikolog.

Kesehatan psikis adalah hal yang penting selain dari kesehatan fisik seseorang. Tidak hanya bagi mereka yang beruntung memiliki kondisi tubuh yang baik, namun juga bagi mereka yang memiliki keterbatasan pada tubuh mereka. Seperti halnya anak pasien kanker, support secara psikis penting bagi mereka. Kesehatan fisik dan psikis adalah satu kesatuan dan saling mempengaruhi.

Alasan saya bergabung dan ingin membantu Pita Kuning adalah karena dua alasan. Pertama, secara personal, saya berminat dan tertarik pada berbagai kegiatan sosial dan untuk kemanusiaan. Hal ini adalah sebagai bentuk dari personal social responsibility dari diri saya. Kedua, secara profesional, saya merasa memiliki bekal ilmu dan pengalaman yang saya rasa dan tahu sangat diperlukan oleh Pita Kuning. Oleh karena itu saya ingin berkontribusi.

Kehadiran saya sebagai salah satu tim ahli dalam mendukung Pita Kuning, diharapkan dapat membantu membuat sebuah formulasi dan rumusan konsep dan disain yang jelas, terarah serta sesuai kebutuhan dalam mendukung efektivitas program dan pencapaian misi yayasan. Membangun kemitraan yang bisa bersinergi dan saling melengkapi, terutama dengan bekal ilmu, pengalaman dan passion yang saya miliki. Karena saya yakin, Pita Kuning memiliki program yang sangat mulia dan memang diperlukan, khususnya bagi pasien kanker anak dan keluarga yg membutuhkan.

Dengan dukungan tim yang baru, harapan saya ke depan bagi Pita Kuning baru adalah, yayasan ini dapat berperan penting mewujudkan kepedulian bagi pasien kanker anak dan keluarga. Yaitu dalam bentuk penyaluran dana bantuan dan pendampingan yang humanis serta profesional bagi pasien kanker anak dan keluarga di seluruh Indonesia.


Leave a Reply